3 Jenis Kanker Darah

3 Jenis Kanker Darah

3 Jenis Kanker Darah – Mendengar kata kanker selalu menjadi momok menakutkan banyak orang. Tak terlebih, kanker dapat menyerang siapa saja, baik perempuan maupun laki-laki, baik muda maupun tua. Kanker menurut  Yayasan Kanker Indonesia (YKI)  merupakan istilah yang digunakan untuk penyakit dimana sel-sel abnormal membelah tanpa control dan mampu menyerang jaringan lain. Sel-sel kanker dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh melalui darah dan sistem limfe.

Salah satu kanker yang sedang banyak di perbincangkan saat ini adalah kanker yang menyerang Ibu Ani Yudhoyono yaitu kanker darah atau hematologi. Kanker darah merupakan penyakit yang menyerang sel-sel darah putih.

Sel-sel darah putih sendiri merupakan sel darah yang melindungi tubuh kita terhadap benda asing yang masuk ketubuh kita untuk mempertahankan diri. Namun, apabila seseorang mengidap kanker hematologi, maka sel-sel darah putih yang dihasilkan dari sumsum tulang belakang ini menjadi abnormal sehingga tidak dapat berfungsi sebagamana mestinya.

Berikut 3 Jenis Kanker Darah :

Leukemia

Leukemia adalah salah satu 3 Jenis Kanker Darah yang paling umum yang kita ketahui. Leukemia adalah kanker yang menyerang sel-sel darah putih yang dihasilkan sumsum tulang belakang. Sel-sel yang dihasilkan sumsum tulang yang awalnya normal akan berubah menjadi abnormal. Sel abnormal ini keluar dari sumsum dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi.

Sel leukemia memengaruhi hematopoiesis atau proses pembentukan sel darah normal dan imunitas tubuh penderita. Apabila sel-sel darah putih tidak dapat berkerja secara normal, maka sel-sel darah putih tidak bisa bekerja melawan infeksi yang masuk kedalam tubuh sehingga membuat orang yang mengalami leukemia menjadi rentan terhadap infeksi dan peradangan.

Gejala kanker darah lekukimia bisa dilihat pada artikel : Perhatikan Gejala Kanker Darah Leukimia

Myeloma

Myeloma merupakan kanker darah yang terbentuk oleh sel plasma ganas. Sel plasma merupakan bagian penting dari tubuh karena sifatnya sebagai antibody (atau immunoglobulin). Sel plasma normalnya bekeja untuk melawan dan membunuh kuman yang masuk kedalam tubuh.

Limfoma

Kanker darah limfoma secara spesifik menyerang limfosit. imfosit adalah sel darah putih di sistem kekebalan tubuh yang khusus memerangi infeksi, dan ini termasuk kelenjar getah bening, limpa, timus, serta sumsum tulang.  Fungsi limfosit yang tidak normal akan menagnngu sistem kekebalan tubuh kita.

Kanker darah dapat menjangkit siapa saja, dari bayi, balita hingga dewasa, pada wanita maupun pria. Anda dapat mencegah kanker darah dengan menghindari faktor risiko penyebab kanker darah hal terbaik yang dapat anda lakukan bisa dimulai dari pola hidup sehat dan pola makan yang sehat.

Gejala kanker darah sendiri sangat sulit dideteksi. Banyak orang yang tidak mengetahui gejala kanker darah karena gejala yang biasa dialami kerap tidak membuat orang merasa curiga, sehingga ada baiknya agar selalu mengenali tubuh anda dengan baik.

One Comment to “3 Jenis Kanker Darah”

Post Comment