Manfaat Berjalan Kaki 30 Menit Sehari

Manfaat Berjalan Kaki 30 Menit Sehari

Manfaat Berjalan Kaki 30 Menit Sehari Aktfititas olahraga memang baik dilakukan oleh setiap orang guna menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani kita. Olahraga dipercaya dapat membuat aliran darah kita dapat berkerja lebih maksimal, sehingga olahraga sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit.

Meskipun sudah banyak orang yang menyadari pentingnya olahraga, namun ada berbagai alasan orang tidak  melakukannya seperti sibuk, atau malas ke tempat fitness. Nah, ternyata ada olahraga murah dan ringan yang dapat kita lakukan setiap hari loh, yaitu berjalan kaki. Meskipun sederhana, namun banyak sekali Manfaat Berjalan Kaki 30 Menit Sehari yang dapat kita rasakan.

Menurunkan Berat Badan

Siapa sih yang gak suka lihat timbangan yang turun? Nah untuk kalian yang sedang menjalani diet, atau mengalami obesitas hal ini sangat membantu anda untuk mendapatkan tubuh yang ideal! Hal ini dikarenaka apabila kita rutin berjalan kaki 30 menit sehari dpat meningkatkan respon tubuh terhadap insulin. Hal ini akan membakar kalori ekstra pada tubuh yaitu lemak.

Melancarkan sistem pencernaan

Apabila kita sedang banyak makan, bahkan melebihi kalori kebutuhan kita sehari – hari, maka berjalan selama 30 menit dapat membantu anda untuk memperlancar sistem pencernaan loh. Selain itu, berjalan kaki setelah makan juga dapat membantu kadar gula tetap stabil.

Memperkuat Otot Paha dan Betis

Setiap kita melangkah ataupun menggerakkan kaki tentunya itu di hasilkan oleh kerja otot paha dan betis. Berjlaan kaki dengan rutin 30 menit sehari buktinya dapat memperkuat otot kaki dan betis. Tidak hanya itu, lemak paha pun akan ikut terbakar sehingga dapat membuat kaki anda terlihat ramping.

Mencegah diabetes tipe 2

Tidak hanya membentuk otot kaki, dan membakar lemak. Saat terjadi pembakaran lemak, otot akan bekerja maksimal sehingga akan menyerap glukosa yang tersimpan pada tubuh.

Mencegah Osteoporosis

Pernah dengar “Gerakan 10000 langkah” ? secara medis memang dianjurkan untuk berjalan kaki 10000 langkah agar tulang tidak keropos. Saat kita berjalan kaki seluruh struktur tulang akan mendapatkan pembebanan yang berguna untuk melatih kekuatan tulang. Walau anjuran yang di sarankan oleh medis 10000 langkah, namun berjalan 3000 – 4000 langkah selama 30 menit juga baik dilakukan untuk mencegah osteoporosis.

Mencegah Penyakit Jantung

Saat berjalan kaki, kinerja jantung akan semakin maksimal karena mendorong udara untuk sampai ke otak. Tidak hanya itu, berjalan kaki selama 30 menit sehari sangat baik loh untuk mencegah serangan jantung, bahkan stroke.

Meskipun berjalan kaki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan kebugaran, ternyata manfaat lain yang dapat anda rasakan adalah kesehatan mental.

Saat berjalan kaki ataupun aktivitas lainnya, tubuh akan melepaskan hormone endorphin yang akan membuat anda lebih senang, mengurangi rasa cemas, bahkan dapat meningkatkan mood dan kreatifitas seseorang. Demikian artikel yang berjudul Manfaat Berjalan Kaki 30 Menit Sehari kiranya dapat bermanfaat.

Post Comment