Mengenal Penyakit Cacar Monyet (Monkeypox)

Mengenal Penyakit Cacar Monyet (Monkeypox)

Mengenal Penyakit Cacar Monyet (Monkeypox)Virus merupakan momok menakutkan bagi semua orang karena sulitnya menangani kasus ini. Bahkan, hingga sekarang orang msih kesulitan untuk menangani penyakit yang disebabkan oleh virus HIV. Sebagian orang pada umumnya akan mengalami cacar air semasa hidupnya.

Bahkan ada rumor yang mengatakan bahwa setiap orang akan mengalami cacar hanya sekali dalam semasa hidupnya. Namun, tenyata ini tidaklah sepenuhnya benar loh. Virus cacar air yang menyerang kita sebelumnya akan berada pada tubuh dan dapat kembali aktif disaat sistem imun kita menurun. Namun, bagi orang yang memilikisistem imun yang kuat, cacar air mungkin tidak kembali aktif.

Hal yang baru-baru ini menggegerkan kita adalah munculnya cacar monyet (monkeypox) di Singapura yang mengkhawatirkan dapat masuk ke Indonesia karena Indonesia merupakan negara tetangga yang dekat dengan Singapura.

Banyak yang mengira bahwa cacar monyet merupakan wabah baru yang menyerang manusia. Padahal, cacar monyet sebelumnya telah ada dari lama dan telah ditangani pada tahun 1980an loh.

Buat kalian yang belum tahu apa itu cacar monyet, yuk kita simak bersama.

Mengenal Cacar Monyet (Monkeypox)

Cacar monyet merupakan cacar yang disebabkan oleh virus yang berasal dari hewan kemanusia (zoonosis). Penyebaran virus cacar monyet biasanya ditularkan dari binatang seperti monyet, tikus, tupai ataupun binatang primata lainnya, namun juga dapat ditularkan oleh manusia kemanusia yang terkena virus cacar monyet tersebut.

Penyebaran virus cacar monyet dapat terjadi akibat kontak langsung seperti darah, luka kulit pada hewan, liur, dan cairan tubuh binatang lainnya. Bahkan dapat menular dari makanan yang dikonsumsi seperti daging yang terkontaminasi yang tidak diolah dengan benar. Manusia yang terkontaminasi juga dapat menyebarkan virus tersebut, sama seperti dari binatang, penyebaran dari manusia juga dari darah, air liur, lesi kulit, dan cairan tubuh lainnya.

Cara Penyembuhan Cacar Monyet (Monkeypox)

Apabila ada orang yang mengidap Cacar monyet atau monkeypox ini, anda tidak perlu terlalu khawatir. Sebab, menurut sumber yang ada, cacar monyet dapat sembuh dengan sendirinya asalkan kebutuhan cairan tubuh dan nutrisi tercukupi sehingga tidak ada penanganan khusus yang dilakukan selain terapi supportif yang bersifat simtomatik sesuai gejala yang dialami pasien.

Walaupun belum ada kasus cacar monyet di Indonesia, namun penyebaran wabah dapat terjadi dimana saja dan kapan saja mengingat banyak sekali keluar-masuk orang dari Singapura ke Indonesia yang dapat membawa virus ini masuk ke Indonesia.

Meskipun cacar monyet tidak terlalu bahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya, cacar monyet dapat aktif kembali pada saat sistem imun yang melemah loh.

Salah satu cara paling baik untuk mencegah cacar monyet adalah hal yang sangat mudah, yaitu selalu mencuci tangan dengan sabun sesudah beraktifitas bahkan sesudah berinterkasi secara langsung dengan binatang primata. Bahkan sangat dianjurkan untuk menghindari kontak langsung dengan hewan primata.

Sekian artikel kali ini tentang Penyakit Cacar Monyet (Monkeypox), semoga berguna dan bermanfaat yah. Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan 🙂

Post Comment