Mengenal TB / TBC (Tuberkulosis)

Mengenal TB / TBC (Tuberkulosis)

Mengenal TB/TBC (Tuberkulosis) – Tuberculosisi atau TB/TBC di Indonesia memasuki peringkat nomor 3 terbesar didunia. Itu artinya banyak sekali penderita Tuberculosis yang berada di Indonesia. Angka kematian penderita TBC perhari dapat mencapai 300 kasus.

Apa Itu TB/TBC (Tuberkulosis) ?

Tuberculosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Infeksi TBC pada umumnya menyerang paru – paru melalui percikan air liur orang yang terkena infeksi TBC, maupun menghirup udara dari orang yang menderita TBC.

Namun, sebenarnya TBC sendiri memiliki dua jenis yang dapat membedakannya, yaitu TBC laten dan TBC aktif.

TBC Laten

TBC Laten merupakan TBC yang tidak aktif, karena akibat sistem tubuh yang melawan bakteri ini tidak dapat membunuhnya sehingga menyisakan sebagian basil dari bakteri TBC dalam tubuh. Meskipun TBC Laten tidak memilki gejala yang khas, maka sangat perlu untuk memeriksaka diri apabila anda mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh selama 2 minggu atau lebih.

Meskipun TBC Laten tidak akan menular, namun TBC Laten tetap dapat berubah menjadi TBC Aktif sehingga. Pasien dengan TBC Laten tetap akan diminta untuk dapat langsung menjalani pengobatan agar wabah tidak menjadi aktif dan berkembang.

TBC Aktif

TBC Aktif merupakan hal yang harus mendapatkan pengobatan intensif Karena TBC aktiflah yang sangat berbahaya karena dapat melakukan penularan pada orang lain. TBC aktif disebabkan karena basil TBC yang berkembang sehingga merusak jaringan paru-paru.

Meskipun TBC tidak hanya menyerang paru-paru, namun juga bisa menyerang tulang (TBC Tulang).

Banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya mengidap TBC karena gejala – gejala pada penyakit tuberculosis memang susah untuk dideteksi. Gejala – gejala pada TBC hampir mirip dengan batuk pada umumnya, sehingga perlu waktu yang lama untuk memastikan apakah penderita hanya batuk biasa atau terkena TBC.

Lambatnya untuk mengetahui penyakit TBC seringkali menyebabkan Bakteri TBC lebih cepat menyebar dan bertumbuh hingga merusak jaringan paru – paru.

Gejala TBC Aktif yang biasanya dialami :

  • Batuk yang berkepanjangan ( dua mingguan sampai berbulan-bulan)
  • Batuk berdarah
  • Tidak nafsu makan
  • Nyeri pada dada saat batuk atau bernapas
  • Berat badan menurun
  • Demam yang tiba-tiba muncul dan hilang
  • Berkeringat pada malam hari
  • Mudah merasa letih
  • Urine yang berwarna keruh atau kemerahan

Pada umumnya orang akan memiliki basil penyakit TBC Laten dalam tubuhnya, namun dapat berubah menjadi TBC aktif disaat sistem imunnya menjadi lemah.

Orang-orang yang mudah terkena penyakit ini biasanya pasien HIV, Pasien yang menjalani kemoterapi, dan kanker. Apabila anda merasa khawatir akan TBC, anda bisa memeriksakan diri anda dengan menjalani test Mantoux ataupun IGRA (Interferon- gamma release assays).

Demikianlah artikel yang berjudul Mengenal TB/TBC (Tuberkulosis) semoga kita dapat mengetahui gejalanya sedini mungkin agar dapat terhindar dari TBC.

Post Comment