Waspada, Kenali Gejala Batu Ginjal

Waspada, Kenali Gejala Batu Ginjal

Waspada, Kenali Gejala Batu GinjalDisaat puasa, kita mungkin dapat menahan lapar namun seringkali sangat merasa haus bukan? Haus merupakan satu tanda bahwa tubuh memerlukan cairan untuk membantu membuang racun dalam tubuh. Salah satu penyakit yang terjadi disaat kita kekeurangan cairan tubuh adalah batu ginjal.

Batu ginjal atau nefrotiasis merupakan penyakit dimana terdapat zat kristal yang menyerupai batu kecil – kecil di dalam ginjal. Batu tersebut terbentuk dari sisa zat di dalam darah yang sebenarnya akan disaring oleh ginjal, namun mengkristal.

Pengkristalan zat tersebut akibat suatu kondisi dimana urine mengandung zat pembentuk Kristal di banding cairan dalam urine kita seperti kalsium, asam urat, sistin, atau struvite (campuran fosfat, magnesium, dan ammonium.

Berdasarkan jenisnya, batu ginjal dapat dibedakan menjadi :

Batu Kalsium

Batu kalsium terjadi disaat tubuh terlalu banyak kandungan kalsium. Meskipun kalsium bagus bagi tulang dan jantung, namun apabila teralu banyak maka akan terbawa kedalam ginjal. Disaat kalsium ada diginjal, maka kalsium dapat mengendap dan mengkristal seiring berjalannya waktu sehingga memberatkan kerja ginjal.

Kalsium yang dapat mengendap tidak hanya berasal makanan umum yang kita ketahui saja seperti susu, dan sayuran yang memiliki kandungan kalsium, namun juga terdapat pada obat migrain, kadar obat Vitamin D dengan dosis tinggi, bahkan obat anti kejang.

Batu Asam Urat

Terlalu banyak mengkonsumsi daging dan kerang- kerangan tidak hanya beresiko terkena darah tinggi loh. Tenyata daging, dan kerang juga dapat menjadi salah satu penyebab terbentuknya batu asam urat. Namun, batu asam urat juga dapat terbentuk akibat tingginya makanan yang mengandung purin, dan orang dengan riwayat asam urat.

Batu Struvit

Jenis batu ginjal satu ini merupakan batu ginjal yang terjadi saat terdapat infeksi jangka panjang dalam saluran kandung kemih. Batu ginjal Struvit dapat terbentuk dan membesar sangat cepat dibandingkan jenis lainnya. Batu ginjal Struvit sangat banyak ditemui pada wanita.

Batu Sistin

Batu sitin umumnya sangat jarang dan langka karena bersifat turunan. Penderita batu sitin akan menghasilkan asam amino sangat banyak yang kemudian akan membentuk batu.

Batu ginjal umumnya terbentuk saat kita kekurangan cairan tubuh. Namun, berikut 9 faktor lain yang dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal : 

  1. Kekurangan cairan tubuh yang berguna untuk membuang racun dalam tubuh.
  2. Adanya factor keturunan dari keluarga sehingga dapat menyebabkan batu sistin.
  3. Infeksi pada saluran kemih yang sudah cukup lama
  4. Terlalu sering mengkonsumsi obat – obatan atau suplemen yang mengandung Vitamin D tinggi, asam oksalat,
  5. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mendangung asam
  6. Adanya riwayat penyakit asam urat
  7. Mengalami Obesitas
  8. Terlalu banyak mengkonsumsi sodium, protein, dan gula.
  9. Obat – obatan pasca operasi yang memiliki dosis tinggi untuk pemulihan.

Meskipun kasus batu ginjal banyak ditemukan pada orang dengan rentan usia 30an ke atas, namun kita tetap perlu mencegahnya. Cara termudah pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan banyak minum air putih.

Demikian artikel yang berjudul Kenali Gejala Batu Ginjal, kiranya informasi yang dapat kami berikan berguna untuk mencegah Batu Ginjal pada semua orang.

Post Comment